Porsche mengklaim sebagai produsen mobil pertama di dunia yang menggunakan baterai lithium-ion buat menghidupkan mesin. Baterai ini beratnya sekitar 6 kg atau 10 kg lebih ringan dari baterai konvensional, timah hitam berkapasitas 60Ah.
Baterai tersebut akan digunakan sebagai opsi pada Porsche 911 GT3, 911 GT RS dan Boxster Spyder mulai Januari 2010. Harganya, di Jerman, 1.904 euro (Rp 27.008.240), sudah termasuk pajak pertambahan nilai 19 persen.
Pengisian Cepat
Alasan utama Porsche menggunakan lithium-ion adalah bobotnya yang ringan. Dengan ini, bisa membuat Porsche 911GT3 dan Boxster Spyder yang digunakan di sirkuit bisa lebih ngacir lagi.
Panjang dan lebar baterai lithium-ion Porsche ini sama dengan baterai biasa, hanya lebih rendah 70 mm. Pemasangan kabel kabel kelistrikan bisa dilakukan dengan cepat, seperti baterai konvensional.
Kapasitas nominalnya 18Ah. Kendati demikian kinerjanya sama dengan baterai konvensional 60 Ah. Bahkan unggul dalam berbagai hal. Misalnya, kalau baterai timah hitamhanya bisa diisi 30 persen dari kapasitas totalnya, lithium ini mendekati 100 persen.
Pengisian juga bisa dilakukan dengan cepat karena hambatan internalnya rendah. Keunggulan lain, tenaga yang dihasilkannya lebih besar. Frekuensi siklus pengisian dan penggunaan lebih sering, tidak gampang soak plus umur pakai lebih lama.
Baterai lithium-ion Porsche ini dibuat dari lempengan karbon dan besi fospat dengan keramik. Dibandingkan dengan lithium-ion lain yang menggunakan mangan oksida dan kobal oksida, lithium-besi fospat mampu menjaga tegangan tetap 12 volt pada seluruh sistem jaringan kelistrikan mobil.
Baterai ini terdiri dari empat sel, dilengkapi dengan kontrol elektronik untuk mencegahnya cepat soak dan setiap sel bisa diisi secara merata.
Bila soak, akan muncul sinyal, mengingatkan pengemudi untuk mengecasnya kembali. Untuk mengecas, bisa dengan menghidupkan mesin atau menggunakan charger khusus.
Baterai ini juga disediakan untuk Porsche 911 GT3, 911 GT RS dan Boxster Spyder retrofitting mulai Februari 2010. Namun harga lebih mahal, yaitu 2.400 euro atau Rp 35.478.303.
Portal Dunia Otomotif
Home » sistem jaringan listrik » Porsche Gunakan Baterai Lithium-Ion untuk Menghidupkan Mesin
{ 0 comments... Views All / Send Comment! }
Post a Comment